Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Jurnal yang akan dipublikasikan bersama ELTI belum pernah di publikasikan pada jurnal maupun prosiding lainnya sebelumnya.
  • Format penulisan harap mengikuti template, dapat di download pada link berikut: https://s.id/eCcJE
  • Sertakan Cover Letter yang ditujukan kepada Chief Editor. Berisi tentang gambaran penelitian dan finding yang akan disajikan dalam jurnal. Contoh penulisan cover letter terdapat dibawah.
  • Dapat menggunakan OpenOffice maupun dokumen berformat RTF, akan tetapi sangat direkomendasikan untuk menggunakan Microsoft Word (*.doc atau *.docx).
  • Untuk tampilan grafik sangat dianjurkan menggunakan software SciDAVis atau OriginLab.
  • Pastikan meggunakan referensi dengan sumber yang jelas dan dapat di akses melalui journal finder seach engine, seperti google scholar, garuda, maupun onesearch. Jika memungkinkan sertakan URL nya.
  • Dalam penulisan referensi, harap menggunakan aplikasi Mendeley dalam format IEEE style atau Vancouver.

Author Guidelines

A. Cover Letter

Cover Letter merupakan surat pengantar yang didalamnya mencakup judul dan inti dari jurnal yang akan di submit beserta keterangan bahwa naskah yang akan di submit belum pernah di submit maupun di publikasikan di tempat lain. Hal ini sangat penting untuk mempermudah Chief Editor menjustifikasi kelayakan jurnal untuk diterima dan diteruskan ke proses review. Cover letter di tulis dalam format bebas, sebagai mana jurnal pada umumnya. Namun untuk mempermudah hal itu, Jurnal ELTI menyediakan format cover letter yang baku untuk publikasi di jurnal ELTI, dan dapat di download pada link berikut: https://s.id/CoverLetterELTI .

B. Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka sangat disarankan menggunakan tools Mendeley. Hal ini penting untuk meningkatkan rekognisi dari pengindeks seprti google scholar mengetahui jurnal mana saja yang telah menjadi rujukan suatu jurnal yang ditulis. Penulisan daftar pustaka Jurnal ELTI menerapkan format IEEE style atau Vancouver.Format ini memiliki karakteristik idetifier pada text berupa angka pada kolom siku, seperti [1]. Sedangkan pada daftar pustaka ditulis dengan format sebagai berikut: 

[No] Nama Penulis, "Judul Referensi yang Menjadi Rujukan", Penerbit, Edisi, Tahun.

Contoh:

[1] M. Isnen, T. I. Nasution, and B. Perangin-Angin, “Design of Edible Oil Degradation Tool by Using Electromagnetic Field Absorbtion Principle Characterized to Peroxide Number,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 739, no. 1, 2016. 

Tools Mendeley dapat di download pada https://www.mendeley.com/download-desktop-new/windows.

C. Bibliography

Jurnal bereputasi selalu menyarankan author untuk melengkapi profil yang dimilikinya. Untuk itu, Jurnal ELTI mengagnjurkan untuk melengkapi kolom bibliografi pada profil author.