Rancang Alat Rewinding Motor Listrik dengan Kendali PLC

  • Tri Isra Janwardi Teknik Elektro, Universitas Efarina

Abstract

Motor listrik adalah mesin yang umum dioperasikan pada hampir semua sistem industri. Penggunaan  motor listrik dengan freuensi tinggi dapat membuat motor bekerja lebih keras. Hal ini berdampak pada konduktor pada lilitan motor kehilangan isolasinya. Motor listrik yang tidak mempunyai lilitan yang baik tidak layak digunakan pada mesin industri. Mesin yang berada dalam  keadaan  seperti ini harus dilakukan penggulungan ulang pada kumparan statornya. Pada saat ini yang berkembang dan umumnya digunakan adalah penggulung manual dengan pemutar manual. Untuk itu dibuat sebuah rancangan mesin penggulung  otomatis dengan kendali PLC dan dengan penggerak motor  listrik  DC. Hasil penelitian ini didapatkan hasil perhitungan jumlah lilitan yang lebih akurat dan dengan mengurangi fungsi manusia pada penggerak mesin penggulung lilitan motor listrik ini. Komponen yang diperlukan yaitu: PLC sebagai kendali program  jumlah lilitan yang diinginkan, Pushbutton NO sebagai input PLC, motor DC 24 VDC sebagai output dan penggerak alat pelilit ulang, dan sebuah mal lilitan dengan  bahan plat alumunium dan kayu lunak. Sebagai proteksi input PLC digunakan MCB 2A  dengan kelas C untuk instalasi  penerangan  dan peralatan rumah tangga. Pada penerapannya mesin penggulung ini dapat digunakan untuk melilit 150 lilitan pada 17.5 menit.

References

[1] Eko P. Agfianto, PLC Konsep, Pemrograman dan Aplikasi. Edisi Pertama, Yogyakarta: Gava Media, 2007.
[2] Iwan Setiawan, Teknik Perancangan Sistem Kontrol Berbasis Programmable Logic Controller (PLC), Malang: Gava Media, 2006.
[3] Omron CX-Programmer: Software Programming Tools for Omron Programmable Logic Controller Version 9.35., Omron Corporation, 2012.
[4] Siswanto, “Rancang Bangun Alat Penggulung Kawat Stator Berpenggerak Motor Listrik,” S. T. skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Jawa Timur, Indonesia, Agustus 2018.
[5] Sri P. Sari, “Rancang Bangun Konveyor Penghitung Barang dengan Sistem Kendali Berbasis PLC”, Jurnal Ilmiah Teknologi & Rekayasa, Volume 15, pp. 168-175.
Published
2020-03-19
How to Cite
JANWARDI, Tri Isra. Rancang Alat Rewinding Motor Listrik dengan Kendali PLC. Jurnal Elektronika Listrik dan Teknologi Informasi Terapan, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 5-9, mar. 2020. ISSN 2685-7014. Available at: <http://ojs.politeknikjambi.ac.id/elti/article/view/102>. Date accessed: 13 july 2020. doi: https://doi.org/10.37338/e.v1i2.102.
Section
Article ELTI 2

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.