Desain Mesin Spinner Berbasis IoT

  • Lis Diana Mustafa Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Malang
  • Hadiwiyatno Hadiwiyatno Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Malang
  • Yani Ratnawati Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Saat ini semakin banyak produksi makanan ringan yang dihasilkan oleh industri kecil yang mengunakan bahan dasar minyak untuk menggoreng, makanan ringan yang digoreng ini memiliki keterbatasan yaitu umur konsumsi yang terhitung kurang panjang karena adanya minyak yang terkandung didalamnya. Maka dilakukan pembuatan mesin peniris yang  berfungsi untuk meniriskan minyak namun dapat dioperasikan menggunakan perangkat smartphone. Mesin peniris ini dilengkapi dengan Node MCU ESP32 yang terhubung dengan firebase melaui jaringan internet. Software yang digunakan untuk merancang ini adalah android studio. Hasil kerja sistem ini telah sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini dibuktikan  dengan data yang ditampilkan pada firebase dan aplikasi Android sama. Terdapat 2 mode, yaitu mode otomatis dan manual yang dapat dipilih oleh pengguna untuk mengoperasikan spiner ini.

References

[1] H. Hapsari, E. Djuwendah, and T. Karyani, “Peningkatan nilai tambah dan strategi pengembangan usaha pengolahan salak Manonjaya,” Agrikultura, vol. 19, no. 3, 2008.
[2] A. Lastriyanto, “Penggorengan Buah secara Vakum (Vaccum frying) dengan Menerapkan Pemvakuman Water Jet,” Temu Ilm. serta Ekspos Alat dan Mesin Pertanian. Cisar. Bogor, vol. 27, 1997.
[3] T. Tanto and D. Darmuji, “Penerapan Internet of Things (IoT) Pada Alat Monitoring Energi Listrik,” J. Elektron. List. dan Teknol. Inf. Terap., vol. 1, no. 1, pp. 45–51, 2019.
[4] A. Dwi Sapto, “Frying Vacuum Machine Design And Vacuum Tube Thermal Analysis Using Catia P3 V5r14,” Teknol. Ind. Univ. Gunadarma Jakarta, 2010.
Published
2020-03-19
How to Cite
MUSTAFA, Lis Diana; HADIWIYATNO, Hadiwiyatno; RATNAWATI, Yani. Desain Mesin Spinner Berbasis IoT. Jurnal Elektronika Listrik dan Teknologi Informasi Terapan, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 14-18, mar. 2020. ISSN 2685-7014. Available at: <http://ojs.politeknikjambi.ac.id/elti/article/view/104>. Date accessed: 13 july 2020. doi: https://doi.org/10.37338/e.v1i2.104.
Section
Article ELTI 2

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.