Perancangan Aplikasi Rekam Medis Pada Puskesmas Talang Tinggi

  • Niska Ramadani Akademi Kesehatan Yayasan Sapta Bakti Bengkulu
  • Fadlul Amdhi Yul Universitas Dehasen Bengkulu

Abstract

Teknologi informasi saat ini sangat cepat berkembang, yaitu memudahkan pengguna untuk menerima informasi dengan cepat. Adapun kebutuhan penggunanya dalam bentuk bidang yang berbeda, seperti komunikasi, pendidikan, bisnis, hiburan, ekonomi, kesehatan dan lain-lain. Salah satu contoh penggunanya dalam bidang kesehatan adalah sistem informasi pencatatan rekam medis. Rekam medis adalah kumpulan dari fakta-fakta atau bukti keadaan pasien, riwayat penyakit dan pengobatan masa lalu serta saat ini yang ditulis oleh profesi kesehatan yang memberikan pelayanan pada pasien. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk adalah untuk membuat aplikasi rekam medis pasien pada puskesmas talang tinggi menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari sistem konvensional menjadi sistem komputer dengan tahapannya  adalah analisis sistem lama, analisis sistem baru, perancangan sistem, implementasi sistem dan ujicoba sistem. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah menggunakan visual basic dan menggunakan database microsoft access. Hasil laporan yang di tampilkan menggunakan crystal report.

References

[1] E. Susena and T. B. Santoso, “Sistem Penjualan Online Berbasis Website: Studi Kasus di Infomedia Komputer,” J. Elektron. List. dan Teknol. Inf. Terap., vol. 1, no. 1, pp. 38–44, 2019.
[2] R. I. DepKes, “Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia,” Jakarta Direktorat Jendral Bina Pelayanan Med., 2006.
[3] M. Subhan, “Analisa Perancangan Sistem,” Jakarta Lentera Ilmu Cendekia, 2012.
[4] A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi, Andi Offset.” Yogyakarta, 2003.
[5] S. N. Arif, A. P. Wanda, and A. Masudi, “Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web SMK Swasta Brigjend Katamso Medan,” J. SAINTIKOM Vol, vol. 12, no. 1, 2013.
[6] C. S. Budi, “Manajemen unit kerja rekam medis/Savitri Citra Budi; Editor: Abdus Shomad,” 2011.
[7] D. Mawarni and R. D. Wulandari, “Identifikasi Ketidaklengkapan Rekam Medis Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Identification of The Fulfilment of Medical Record Incompleteness in The Inpatient of Muhammadiyah Hospital Lamongan,” J. Adm. Kesehat., vol. 1, no. 2, pp. 192–199, 2013.
[8] T. D. Penelitian and P. MADCOMS–MADIUN, “Microsoft Visual Basic 6.0 untuk Pemula,” Yogyakarta Andi Offset, 2008.
Published
2020-03-19
How to Cite
RAMADANI, Niska; YUL, Fadlul Amdhi. Perancangan Aplikasi Rekam Medis Pada Puskesmas Talang Tinggi. Jurnal Elektronika Listrik dan Teknologi Informasi Terapan, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 19-24, mar. 2020. ISSN 2685-7014. Available at: <http://ojs.politeknikjambi.ac.id/elti/article/view/105>. Date accessed: 06 july 2020. doi: https://doi.org/10.37338/e.v1i2.105.
Section
Article ELTI 2

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.