Perancangan Meja Laptop Portable Yang Ergonomis Untuk Penyandang Cerebral Palsy Dengan Pendekatan Antropometri

  • Asfia Fitri Aras Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Jambi

Abstract

Hampir disemua jenjang pendidikan, komputer/laptop telah dikenalkan sejak dini sebagai salah satu mata pelajaran. Salah satu sekolah yang sudah menggunakan komputer atau laptop sebagai media belajar adalah sekolah SLB Prof. Dr. Sri Soedewi. Sekolah SLB. Prof. Dr. Sri Soedewi adalah sekolah luar biasa yang terdiri dari pelajar SD, SMP dan SMA, dari semua kelainan yaitu Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Daksa, Grahita dan Autis. Responden pada penelitian ini adalah para penyandang Cerebral Palsy campuran. Artinya cerebral palsy diserta oleh gejala penyakit lain, penyandang berada pada kursi roda, tidak bisa melakukan mobilitas (duduk dan berdiri) tanpa bantuan orang lain. Dalam proses kegiatan belajar kondisi para penyandang cerebral palsy harus diperhatikan. Fasilitas yang disediakan pun harus sesuai dengan kondisinya. Perancangan meja laptop portable yang ergonomis dapat diperoleh dengan pendekatan antropometri sesuai dengan postur tubuh siswa-siswi penyandang cerebral palsy, sehingga memberikan kenyamanan, keamanan serta mengurangi rasa sakit saat menggunakan laptop.

References

[1] G. Rosnani: Perancangan Produk. Graha Ilmu. Yogyakarta,2010.
[2] N. Eko: Pergertian Ergonomic. Graha Ilmu. Jakarta,2005.
[3] N. Eko: Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Prima Printing. Surabaya,1991.
[4] Konz and Stephan:Industrial Ergonomics.Inc.,Columbus,Ohio,USA,1979.
[5] E. Mohammad:Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan.Bumi Aksara,2006.
Published
2019-04-30
How to Cite
ARAS, Asfia Fitri. Perancangan Meja Laptop Portable Yang Ergonomis Untuk Penyandang Cerebral Palsy Dengan Pendekatan Antropometri. Jurnal Inovator, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 16-19, apr. 2019. ISSN 2615-5052. Available at: <http://ojs.politeknikjambi.ac.id/inovator/article/view/35>. Date accessed: 17 oct. 2019.