Perancangan Tempat Tidur Bayi aan Lemari Multifungsi Ergonomis Menggunakan Produk Recycle Drum

  • Agus Topo Subekti STITEKNAS JAMBI

Abstract

Tempat tidur bayi merupakan salah satu produk penunjang bayi yang digunakan setelah bayi tersebut lahir. Orang tua sebagai konsumen mengharapkan produk yang digunakan lebih ringkas, sesuai dengan tempat tinggal serta harga lebih ekonomis dengan tidak mengurangi kualitas produk dan tetap mengacu pada prinsip ergonomi, sehingga produk tersebut tidak kalah bersaing dengan produk yang sudah ada dipasaran maka dari itu perlu perancangan tempat tidur bayi dan lemari multifungsi yang ergonomis dengan menggunakan produk recycle drum. Tujuan dari perancangan ini diharapkan dapat menjawab dan menjadi solusi terhadap keinginan para konsumen khususnya orang tua yang mempunyai bayi dengan menghadirkan inovasi baru. Perancangan menggunakan teori anthropometri guna menghasilkan produk yang nyaman digunakan oleh pengguna. Pengumpulan data anthropometri dilakukan secara langsung dengan dimensi tubuh yang dibutuhkan adalah tinggi badan tegak, lebar bahu dan jangkauan tangan. Tahap pengolahan data yaitu uji kecukupan data, uji keseragaman data dan perhitungan persentil. Hasil perancangan tempat tidur bayi dan lemari yang ergonomis dibuat berdasarkan anthropometri tubuh manusia, serta ekonomis karena dibuat dengan menggunakan bahan recycle.

References

[1] Manuaba, A. “Holistic Ergonomic Design As A Strategy to Integreted Occupational Healt-Safety System Management Into The Enterprise Management System”. Jurnal Ergonomi Indonesia. 5 (1): 1-4, 2004.
[2] Kristanto, Agung. & Triyono, Sugeng. “Pengembangan dan Perancangan Tempat Tidur Bayi (Baby Lemari) yang Ergonomis Menggunakan Software Autocad dengan Pendekatan Data Antropometri”. Jurnal Informatika. Vol 5. No. 1. 2011.
[3] Nurmianto, Eko. “Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya”, Edisi Ke 2. Surabaya: Guna Widya. 2008.
[4] Haryanto, Christopherus. E. N. K. “Perancangan Baby Lemari Multifungsi dengan Menggunakan Model Kano dan Quality Function Deployment (Qfd)”. Jurnal Perancangan Produk. 2015.
[5] Liliana, Y.P., dkk. ”Pertimbangan Antropometri pada Pendisainan.Yogyakarta:Prosiding Seminar Nasional III SDM Teknologi Nuklir. 2007.
[6] Jogiyanto, HM. “Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Edisi III. Yogyakarta: Andi Publisher. 2015.
[7] Hasan, Iqbal. “Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif)”. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2011.
[8] ARAS, Asfia Fitri. Perancangan Meja Laptop Portable Yang Ergonomis Untuk Penyandang Cerebral Palsy Dengan Pendekatan Antropometri. Jurnal Inovator, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 16-19, apr. 2019. ISSN 2615-5052. Available at: http://ojs.politeknikjambi.ac.id/inovator/article/view/35 Diakses tanggal: 28 nov 2019.
Published
2019-12-17
How to Cite
SUBEKTI, Agus Topo. Perancangan Tempat Tidur Bayi aan Lemari Multifungsi Ergonomis Menggunakan Produk Recycle Drum. Jurnal Inovator, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 10-17, dec. 2019. ISSN 2615-5052. Available at: <http://ojs.politeknikjambi.ac.id/inovator/article/view/72>. Date accessed: 23 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.37338/jurnal inovator.v2i2.72.