Sistem Manajemen Data Customer untuk Meningkatkan Layanan dan Retensi Berbasis Website di Berkah Solo Web

Authors

  • Edy Susena Politeknik Indonusa Surakarta
  • Edy Susanto Politeknik Indonusa Surakarta
  • Mutia Nur Afifah Politeknik Indonusa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37338/elti.v6i1.361

Keywords:

Pelanggan, Retensi, Sistem Manajemen, Website

Abstract

Pengolahan dan penyimpanan data pelanggan di Berkah Solo Web masih menggunakan Microsoft Excel yang dirasa kurang efisien dan data yang disimpan kurang aman karena tidak disimpan dalam Database. Pencatatan hanya berfokus pada informasi kuantitas pelanggan dan prosedur pemrosesan pesanan proyek produk/jasa saja. Data-data lain seperti data pembayaran tagihan, help desk/tiketing untuk menangani permasalahan pelanggan, berita/promo, testimoni dan perluasan layanan pelanggan belum terlayani dan dikelola. Selain itu, belum ada sistem yang fleksibel dan efisien dalam mengelola data pelanggan di tempat tersebut. Pendekatan perbaikan pada mesin menggunakan metode air terjun yang meliputi tingkat evaluasi sistem, tata letak perangkat, Penulisan Kode program, baki aplikasi, dan implementasi program. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sistem dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP, editor teks Sublime Text, dan Database MySQL. Luaran yang dapat diperoleh dari Sistem Pengelolaan Data Pelanggan Berbasis Website ini adalah sistem mempunyai 2 hak akses yaitu login Admin dan login Pelanggan. Admin dapat mengelola master data yang disajikan dalam bentuk akun, produk/jasa, dan berita/promo, mengelola data transaksi yang disajikan dalam bentuk validasi pembayaran dan perpanjangan produk/jasa, mengelola data pemesanan produk/jasa berupa pengingat masa aktif layanan, dan admin juga dapat mengelola laporan data pelanggan, data pemesanan produk/jasa, data transaksi pembelian, dan penilaian produk/jasa. Sedangkan pelanggan dapat mengelola data produk/jasa berupa pemesanan produk/jasa, transaksi pembelian dan testimoni produk, serta pelanggan dapat mengelola laporan berupa invoice dan bukti transaksi pembelian serta berita/promo yang telah diinput oleh admin.

References

Eka Tirtawati, D. G. (2021). Keterkaitan Antara Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Retensi Pelanggan Di Sektor Perbankan. Journal Of Entrepreneurship, Management And Industry (JEMI), 4(2), 49–55. Https://Doi.Org/10.36782/Jemi.V4i2.2168

Putra, A. S. (2021). Sistem Manajemen Pelayanan Pelanggan Menggunakan PHP Dan Mysql ( Studi Kasus Pada Toko Surya ). Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri Dan Teknik Informatika, 22(1), 100–116. Https://Doi.Org/10.37817/Tekinfo.V22i1.1190

Susanto, E., Ratnawati, A. Y., & Susena, E. (2019). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pendataan Industri Kecil Dan Menengah (Sim-Ikm). Jurnal AKSI (Akuntansi Dan Sistem Informasi), 4(1), 11–18. Https://Doi.Org/10.32486/Aksi.V4i1.313

Imas Anggraeni, D. R. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Data Cutomer Di CV.Inovindo Bandung. Jurnal Komputer Bisnis, 13(1), 47–53.

Bernik, M. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Gold’s Gym Bandung. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 3, 220–238.

Faradhila, A., & Setiawan, R. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Merchant Berbasis Web Pada Pt. Finnet Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, 1(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.31326/Sistek.V1i1.323

Susena, E., & Budi Santoso, T. (2019). Sistem Penjualan Online Berbasis Website: Studi Kasus di Infomedia Komputer. Jurnal Elektronika Listrik Dan Teknologi Informasi Terapan, 1(1), 38–44. https://ojs.politeknikjambi.ac.id/elti

Downloads

Published

2024-08-11

Issue

Section

Artikel