TEST THE DURABILITY OF THE CUMMINS ENGINE DENGAN METODE BEBAN PENUH DI KMP. SALVINO PT SAMUDERA FERRY

Authors

  • Kurniawati Oktarina Institut Maritim Prasetiya Mandiri
  • Tatang Septiawan Institut Maritim Prasetiya Mandiri
  • Lucius Patria Giri Institut Maritim Prasetiya Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.37338/inovator.v6i2.238

Keywords:

Mesin Bantu, Load Test, Generator Kapal

Abstract

Permesinan bantu atau generator merupakan motor bantu yang menjadi sarana untuk pemenuhan kebutuhan listrik diatas kapal dalam menghasilkan energi daya. Pada kapal KMP. Salvino terdapat 2 (dua) unit generator yang berfungsi memasok seluruh kebutuhan listrik diatas kapal, yaitu dengan merek YANMAR 6HAL-TH dengan daya masing-masing sebesar 2x130 kW dan 1 unit generator darurat yang bermerek CUMMINS NTA 855 G4 dengan daya sebesar 280 kW. Subjek penelitian ini adalah mesin bantu cadangan merek CUMMINS Engine. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui analisis pendekatan deskriptif kualitatif. Pada penentuan kapasitas daya generator peneliti melakukan beberapa tahap proses untuk mencari hasil yang optimum. Pada penentuan kapasitas daya generator, peneliti melakukan beberapa tahap pertama, menghitung kapasitas peralatan yaitu dengan menghitung nilai faktor beban Sea normal going, operation, At Port, dan Anchor. Kedua menghitung kebutuhan daya pada ketiga nilai faktor, ditambah dengan pada saat cuaca buruk. Setelah didapatkan kebutuhan beban, peneliti melakukan pengujian sebanyak 3 kali dengan beban variasi sampai beban puncak. Hasil penelitian menunjukan bahwa Generator yang ada di KMP. Salvino sudah cukup optimal dan efisien dalam memenuhi syarat standar aturan instalasi listrik yang tertera dalam (BKI) Pt. 1, Vol. IV yang mana mempersyaratkan bahwa sumber tenaga listrik yang ada di kapal dengan total daya yang dikeluarkan 15% lebih tinggi dari pada daya yang ditetapkan dalam power balance.

References

Undang – Undang No. 17 Tahun 1985 tentang Pengesahan United Nations Convention On the Law Of The Sea. Konvensi Perserikatan Bansa – Bangsa tentang Hukum Laut. Tersedia pada link: https://www.academia.edu/download/34657782/UU_NO_17_TH_1985_KONVENSI_PBB_TENTANG_HUKUM_LAUT.pdf. Diunduh pada Tangga 25 Januari 2023, Pukul: 10.00 WIB.

Ricesno, M., dan Nandika, R. 2020. Perhitungan dan Pengujian Beban pada Generator di Kapal Tugboat hangtuah V. Jurnal Sigma Teknika, Vol. 3 (1): Universitas Riau.

Yuniarto, Y., dan Ariyanto, E. 2018. Korektor Faktor Daya Otomatis pada Instalasi Listrik Rumah Tangga. Jurnal Gema Teknologi, Vol. 19 (4) Hal: 24 – 30).

Purba, Rolan Haris Ben Imanuel Purba., Eko Sasmito Hadi., dan Untung Budiarto. 2015. Analisis Optimasi Penentuan Kapasitas Daya Generator pada Kapal KM. Sinabung. Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 3 (2). Universitas Dipenogoro: Semarang.

Oktarina, Kurniawati dan Yulli Indriyanti. Analisis Pengaruh Kuat Arus terhadap Uji Bending pada Pengelasan Plat Kapal Tanker dengan Gap 2 mm sesuai dengan Aplikasi WPS di PT. Daya Radar Utama Lampung. Jurnal Inovator Politeknik Jambi, vol. 3(1), hal 8-13, Mei. 2020.

A. Suyanto, M.T., Prasetyo., dan Kiswanto. 2017. Perancangan Kebutuhan Daya Listik pada Kapal Perintis 2000 GT dengan Electric Balance BKI (hal: 14).

Marwan, Rizka Ananda., Aksan dan Nirwan A Noor. 2021. Analisis Kebutuhan Daya Listrik pada Kapal Curah KM TL XVIII dalam Efisien Energi. Proseiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika.

Biro Klasifikasi Indonesia. 2004. Rules for Electrical Installation, Vol. IV: Jakarta.

Jati, Damar S dan Bambang Suharnadi. 2020. Analisis Kerusakan Engine High Blow-by Pressure pada Mesin SA6D125E-2 Unit Bulldozer D85ESS-2A Komatsu di PT Kaltim Prima Coal. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat: Universitas Gajah Mada.

Rusuminto dan Yuliana. 2017. Metode Pengukuran Blow-by menggunakan U-Tube air Berbasis Persamaan Bernoulli terhadap Diesel Engine Buldozer Tanah Laut. Jurnal Elemen, Vol. 4 (1)

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Kurniawati Oktarina, Tatang Septiawan, & Lucius Patria Giri. (2023). TEST THE DURABILITY OF THE CUMMINS ENGINE DENGAN METODE BEBAN PENUH DI KMP. SALVINO PT SAMUDERA FERRY. Jurnal INOVATOR, 6(2), 60–64. https://doi.org/10.37338/inovator.v6i2.238

Issue

Section

Artikel